H+4, Polres Inhil Lakukan Pengawasan dan Monitor Arus Balik Lebaran

Indragiri Hilir, Kompas 1 Net— Polres Indragiri Hilir (Inhil) melakukan pengawasan dan memonitor arus balik mudik lebaran H+4 di pelabuhan perairan Sungai Indragiri, bersama instansi terkait, Sabtu (13/4/2024).

Arus balik lebaran kali ini mulai di padati penumpang yang telah menunaikan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Bacaan Lainnya

Pengawasan atau monitor penggunaan sarana transportasi angkutan laut atau sungai di Indragiri dalam rangka Arus Balik Operasi Ketupat 2024.

Polres Inhil menegaskan speedboat yang berangkat melebihi muatan untuk tidak diizinkan berangkat atau putar balik demi menjaga tidak terjadinya laka laut atau kapal tenggelam.

“Terkadang kami tegur agar tidak membawa penumpang dan barang yang ingin melebihi muatan,” kata Kabag Ops Polres Inhil Kompol Rizki Hidayat,S.E , S.I.K, M.H.

Selain teguran seluruh tim melakukan pengecekan manifest dan memberikan imbauan untuk keselamatan dalam berlayar dengan memeriksa orang dan barang untuk mematuhi keselamatan penumpang.

“Arus lalu lintas di masa – masa saat arus balik lebaran ini yang rawan terjadinya laka laut atau kapal tenggelam, akibat speedboat kejar penumpang, maka dari itu kami terus mengawasi dan memonitor seluruh speedboat dan kapal yang melintasi Sungai Indragiri dari arah manapun,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Propinsi Avi Mukti Amin, Kepala Cabang Jasa Raharja (Persero) Propinsi Riau Hasjudin, Kasat Polairud Polres Inhil AKP Ridwan, Kepala KSOP IV Tembilahan, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tembilahan Ipda Fauzan dan Kanit Gakkum Sat Polairud Iptu P. Simanjuntak.

Pos terkait