Kapolres Kuansing Hadiri Pembukaan Pacu Jalur di Kecamatan Inuman

Kuansing, Kompas 1 net- Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menghadiri Pembukaan Pacu Jalur sebagai bagian dari even kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi di Kecamatan Inuman. Pada hari Sabtu (6/7/2024), pukul 10.00 WIB, Acara berlangsung di lapangan Kantor Camat Inuman dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting serta masyarakat setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain dr. Ukub Ardiansyah SpOG (Sekda Kuansing), Kompol Robet Arizal S. Sos (Waka Polres Kuansing), Kompol Hendri Suparto S. Sos (Kabag Ops Polres Kuansing), Kompol Y.E. Bambang SH, MH (Kabag SDM), Para kepala dinas, badan, dan bagian dari Pemda Kabupaten Kuansing, Zamri Spd.I (Camat Inuman), Erialis S. Sos (Camat Cerenti), AKP Sony JR. SH (Kasi Propam), AKP Boy Setiawan (Kasat Lantas), AKP H. Yuhelmi, Kapten INF Obeni Sirait (Danramil Cerenti), AKP Dadan Wardan Sulia SH (Kapolsek Cerenti), IPTU Romlan (Kapolsubsektor Inuman), Para kepala desa se-Kecamatan Inuman, Ketua BPD Kecamatan Inuman, Koordinator wilayah Kecamatan Inuman dan Undangan sebanyak ±500 orang.

Bacaan Lainnya

Rangkaian acara pembukaan Pacu Jalur dimulai dengan tari persembahan, diikuti oleh pembacaan Qalam Ilahi, doa, laporan ketua panitia, sekapur sirih dari datuk penghulu adat Kecamatan Inuman, tari kreasi Pacu Jalur, dan penampilan drama.

Puncak acara ditandai dengan sambutan dan pembukaan resmi oleh Bupati Kuantan Singingi, Dr. H. Suhardiman Ambi Ak. MM. Dalam sambutannya, Bupati Suhardiman mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan, panitia, dan peserta yang hadir. Ia juga menyampaikan rasa syukur bahwa even Pacu Jalur Kecamatan Inuman tahun ini diikuti oleh 56 jalur, jumlah yang meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, tahun ini even Pacu Jalur Kecamatan Inuman diikuti oleh 56 jalur. Jumlah jalur yang ikut even tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Bupati Suhardiman. Ia juga menekankan pentingnya acara ini sebagai momentum bagi warga Kecamatan Inuman untuk memelihara dan mempromosikan kekayaan budaya serta tradisi lokal,”

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H. mengatakan, “Pacu Jalur Inuman bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga simbol kebersamaan dan kecintaan terhadap tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang, melalui Pacu Jalur Inuman, kita bisa memperkenalkan keunikan budaya kita kepada masyarakat luas,” jelas Kapolres.

“Jadikan even Pacu Jalur ini sebagai ajang olahraga sekaligus kebudayaan kita untuk mencari bibit-bibit atlet dayung untuk seleksi nasional bahkan internasional, Kegiatan pembukaan Pacu Jalur selesai pada pukul 12.00 WIB. Selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan kondusif,” tandas Kapolres.

Sumber: Humas Polres Kuansing

Pos terkait